Talkshow radio KPU Kab.Wonogiri bersama Bawaslu Kab.Wonogiri

0
58

WONOGIRI (20/05) – KPU Kabupaten Wonogiri bersama Bawaslu berkesempatan menjadi narasumber dalam sebuah talkshow radio. KPU Wonogiri diwakili oleh Anggota KPU Divisi Data dan Informasi Bapak Dwi Prasetyo dan Ketua Bawaslu Bapak Ai Mahbub .Talkshow yang diadakan di Radio Giri Swara Wonogiri dipandu oleh Mamik yang mengangkat tema terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan. Tema ini menarik untuk didiskusikan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pemilu/Pemilihan Serentak Tahun 2024  mendatang.

Anggota KPU Kabupaten Wonogiri Divisi Perencanaan dan Data Dwi Prasetyo menyampaikan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Pemutakhiran DPB ini. Untuk Rekapitulasi Pemutakhiran DPB Kabupaten Wonogiri saat ini berjumlah 837.104 dengan rincian pemilih laki=laki berjumlah 414.724 dan pemilih perempuan berjumlah 422.380 yang tersebar di 25 Kecamatan. Pemilih TMS berjumlah 195 dengan rincian pemilih lakilaki berjumah 94 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 101.

Beliau juga mnyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum bahwa KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu disusul dengan surat edaran KPU RI dengan Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, menjelaskan bahwa KPU provinsi KPU Kab/Kota wajib melakukan pemeliharaan daftar pemilih berkelanjutan. Dengan berpedoman pada regulasi tersebut maka KPU Kabupaten Wonogiri saat ini mulai melaksanakan pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih berkelanjutan dengan diawali melakukan koordiansai dengan pihak-pihak terkait. KPU Wonogiri terus mengimplementasikan kegiatan pemutakhiran data dan pemilih berkelanjutan pada tahun 2021, untuk update data ini dilakukan setiap bulannya demi mendukungnya Pemilu yang berkualitas , salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi melalui Radio Siaran Pemerinta Daerah.

Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bertujuan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya. Sehingga diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih  mengalami perubahan identitas kependudukan masuk pemilih pemula (berusia 17 tahun) atau ada keluarga yang sudah meninggal dunia dipersilahkan mendaftar, memperbaiki identitas daftar pemilih atau melaporkan keluarga yang meninggal melalui formulir yang di alamat http://bit.ly/pdpbonogiri.