PERINGATI HARI JADI KE 280, KPU WONOGIRI KENAKAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA

0
51

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonogiri ke 280 di warnai dengan penggunaan pakaian khas Nusantara. Seluruh pegawai intansi Pemerintah di lingkup Kabupaten Wonogiri, baik staf dan pejabat seluruhnya mengenakan pakaian khas, menurut pengamatan ada yang memakai adat Madura, Minangkabau, namun paling banyak mengenakan adat Jawa. Pria menggunakan beskap Jawa jangkep berkeris, dan perempuan mengenakan Kebaya berkonde. Tak kalah, begitupun dengan seluruh Pejabat dan Pelaksana KPU Kabupaten Wonogiri juga mengenakan pakaian adat Jawa. Pada hari jadi ke 280 ini, Kabupaten Wonogiri meneguhkan semangat Maju, Mandiri dan Sejahtera. Pada prinsipnya di usia yang sudah lebih dari 2 (dua) abad ini jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri mempunyai semangat membangun Wonogiri dengan tujuan akhir Maju, Mandiri, dan Sejahtera.
Pada kesempatan tersebut, Ketua dan Anggota KPU Wonogiri yang didampingi Sekretariat melaksanakan anjangsana dengan Bupati Wonogiri (Joko Sutopo) di ruang kerja Bupati Wonogiri. Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan di tengah pandemi peringatan Hari Jadi ke-280 Wonogiri dilakukan secara sederhana dan terbatas. Secara subtansi dalam satu rangkaian hanya ada tiga kegiatan yakni upacara, pemotongan tumpeng dan doa bersama.”Deklarasi hari jadi kami wujudkan dengan upacara, kultur dan budaya kami aplikasikan dengan pemotongan tumpeng serta dari sisi keagamaan kami lakukan doa bersama saat upacara. Tiga kegiatan ini kami jadikan satu untuk mempersingkat waktu,” kata dia sela-sela perbincangan. Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan pada momen Hari Jadi Wonogiri 2021 tidak ada kegiatan ziarah kepada Raden Mas Said di Astana Giribangun dan sejumlah tokoh yang berperan penting terhadap Wonogiri. “Memang setiap kali hari jadi kami ada kegiatan ziarah ke sana. Namun di tengah pandemi ini, kami mengirimkan doa bersama dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri saja,” ungkap dia.
KPU Kabupaten Wonogiri mengucapkan selamat hari jadi Wonogiri sekaligus halal bihalal secara langsung kepada Bupati selaku Pemangku wilayah Kabupaten Wonogiri. Selamat Hari Jadi Wonogiri, sesanti Tiji Tibeh, Mukti Siji Mukti Kabeh, Mati Siji Mati Kabeh seyogyanya dimaknai dengan sebuah kegotongroyongan untuk mewujudkan Wonogiri Maju, Mandiri dan Sejahtera.