Meningkatkan Citra Lembaga Melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan

0
23

Wonogiri, kpud-wonogirikab.go.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Augustina Puspa Dewi beserta Kasubag Teknis dan Hupmas Tri Sujarwati mengikuti Workshop Penguatan Kapasitas Kehumasan “Meningkatkan Citra Lembaga Melalui Pengelolaan Konten Media Sosial dan Optimalisasi Fungsi Kehumasan” yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin (26/04/2021).

Kegiatan peningkatan kapasitas lembaga dan peran kehumasan ini selain diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah juga diikuti  oleh Kominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Dalam acara Workshop ini menghadirkan dua narasumber yaitu Asmono Wikan Founder Humas Indonesia.id dan Wicaksono (@ndorokakung) Digital Creator. Dimoderatori oleh Dimas D. Narottama Sub Koordinator Subbag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Tengah. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Kominfo Jawa Tengah yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Agung Kristianto.

Asmono Wikan, sebagai narasumber pertama menyampaikan bahwa “seorang public relation mempunyai posisi strategis dalam proses komunikasi selain itu, Asmono juga menjelaskan pentingnya peran kehumasan dalam membangun citra dan reputasi lembaga. Humas mempunyai peran yang strategis dalam suatu instansi ataupun organisasi, sehingga fungsi-fungsi Humas harus dioptimalkan. Posisi Humas berada diantara organisasi dan publik, karena itu Humas memiliki peran strategis, tidak cukup dengan berkomunikasi biasa tapi harus mampu mengemas cerita atau mendongeng karena berdampak pada perubahan perilaku masyarakat,” ujarnya. Ia juga menyampaikan bahwa kerja humas ditentukan dengan cara berkomunikasi yang baik dengan publik.Di akhir sesi, Asmono mengingatkan agar semua lembaga dapat memanfaatkan momentum dengan baik untuk menunjukkan keberadaan lembaga tersebut.

Sementara itu, narasumber kedua, Wicaksono menyampaikan beberapa strategi terkait optimalisasi konten termasuk memberikan bocoran konten apa saja yang dapat dilakukan oleh sebuah lembaga untuk menarik endorsement.

Kesimpulan dari acara ini diharapkan  melalui workshop ini dapat meningkatkan kapasitas kehumasan melalui pengelolaan konten media sosial dan dapat melaksanakan fungsi kehumasan secara optimal sehingga bisa menciptakan persepsi positif publik tentang organisasi.