KPU KABUPATEN WONOGIRI SIAP MELAKSANAKAN TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI WONOGIRI TAHUN 2020

0
523

KPU KABUPATEN WONOGIRI SIAP MELAKSANAKAN TAHAPAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI WONOGIRI TAHUN 2020

Pada tanggal 21 Maret 2020 melalui Keputusan KPU Republik Indonesia No: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 menunda pelaksanaan sebagian tahapan Penyelenggaraan Pemilihan serentak Tahun 2020. Penundaan tersebut merupakan upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Berdasarkan Keputusan KPU tersebut KPU Kabupaten Wonogiri juga telah menetapkan keputusan  tentang penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020.

Berdasarkan Peraturan KPU RI No. 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal , Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, menetapkan Pemungutan Suara Pemilihan Serentak Tahun 2020 di gelar pada Tanggal 9 Desember 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu dekat untuk melanjutkan tahapan tersebut, KPU Kabupaten Wonogiri segera :

  1. Mengaktifkan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretariat PPK
  2. Menetapkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Sekretariat PPS

Berdasarkan Rapat Pleno KPU Kabupaten Wonogiri, mekanisme pengesahan anggota PPS dilaksanakan melalui penyerahan salinan keputusan penetapan anggota PPS Terpilih. Mekanisme pengesahan tersebut dipilih untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran/penularan wabah Covid-19, mengingat peta persebaran pendemi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri masuk dalam Zona Kuning.  Selain hal tersebut mekanisme pengesahan yang ditempuh merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Sosialisasi Persiapan Pengaktifan Kembali Tahapan dan Badan Adhock dengan mengundang pemangku Wilayah di Kabupaten Wonogiri (Forkompimda, Bawaslu dan Gugus Tugas Covid-19,  pada Hari Minggu, tanggal 14 Juni 2020, bertempat di Aula KPU Kabupaten Wonogiri.

KPU Kabupaten Wonogiri akan berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan seluruh tahapan pemilihan dengan mengutamakan keselamatan pemilih, peserta, dan penyelenggara tanpa mengurangi kualitas Demokrasi dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020.

Salam Grapyak Sumanak

 

Humas KPU Kabupaten Wonogiri
Jl. Gunung Gandul, Joho Lor
Giriwono
www.kpud-wonogirikab.go.id
Twitter @kpuwonogri,
Email: kpu.wonogiri@gmail.com 

“BUILDING WONOGIRI TROUGH DEMOCRACY”