KPU KAB.WONOGIRI MENGIKUTI RAPAT KOORDINASI DENGAN KPU SE-JATENG

0
15

1. KPU KAB.WONOGIRI IKUTI RAKOR KEHUMASAN DENGAN KPU SE-JATENG

WONOGIRI – KPU Kabupaten Wonogiri mengikuti Rapat Koordinasi Kehumasan yang diselenggarakan secara daring oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, dalam rangka meningkatkan fungsi kehumasan, Rabu (17/2/2021). Rapat tersebut mengundang Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Kasubag Teknis dan Hupmas serta staff yang mengelola website atau media sosial dari 35 KPU kabupaten/kota Se-Jawa Tengah

Maksud dan tujuan dilaksanakannya acara ini merupakan salah satu bentuk upaya KPU Jawa Tengah mendorong KPU kabupaten/kota untuk meningkatkan komitmennya dalam menjalankan fungsi pelayanan informasi publik. Lima hal yang menjadi agenda rapat koordinasi (rakor), yakni pengelolaan laman, pengelolaan media sosial, penyusunan prosedur operasional standar pengelolaan laman dan medsos resmi KPU kabupaten/kota, ketentuan pembentukan bakorhumas dan teknik penyusunan berita/publikasi informasi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut dibuka anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sumber Daya Manusia, Taufiqurahman. Dalam sambutannya, Taufiqurahman menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan rakor kehumasan ini, disampaikan juga bahwa KPU sebagai lembaga publik memiliki kewajiban menyampaikan informasi kepada masyarakat secara tepat, cepat dan benar. “Era sekarang adalah era informasi, maka KPU mempunyai tanggung jawab yang besar menyediakan informasi baik di media maupun secara langsung, bukan hanya cepat tapi harus tepat dan benar berdasarkan data,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, KPU Provinsi Jawa Tengah menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya diantaranya Endro Purnomo yang merupakan praktisi di bidang Teknologi Informasi, narasumber ini merupakan praktisi teknologi informasi, Endro Purnomo dalam paparannya mengenai pengelolaan website menyampaikan bahwa website idealnya ringan, komunikatif, informatif, responsif, up to date, aman serta valid. Alumni Magister Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada ini mengatakan bahwa organisasi pengelolaan website sebaiknya dapat menyediakan informasi sesuai harapan masyarakat dan tujuan lembaga. “Minimal ada 3 struktur dalam lembaga, yaitu penanggung jawab, administrator, dan editor, namun akan lebih baik jika ditambah author, kontributor dan subscriber,” ujarnya.

Dilanjutkan oleh narasumber utama yaitu Koordinator Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik KPU RI Robby Leo Agust. Terdapat empat bahasan dalam materinya, yakni public speaking, peliputan dan penulisan berita, media sosial dan Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan).

Rapat koordinasi yang diikuti oleh 35 KPU kabupaten/kota se Jawa Tengah ini berlangsung sejak pukul 10.00 s.d. 17.00 WIB. Menindaklanjuti hasil kegiatan tersebut, KPU Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan rapat koordinasi pada Kamis (18/2/2021) yang akan diikuti oleh jajaran sekretariat KPU kabupaten/kota yang membidangi kehumasan.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran kehumasan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta KPU kabupaten/kota dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara up to date. Baik melalui website maupun media sosial secara benar dan sesuai dengan fakta yang ada.

2. KPU KAB.WONOGIRI IKUTI RAPAT KERJA DI KPU KOTA SEMARANG

WONOGIRI- Kamis, (18/2/2021) KPU Kabupaten Wonogiri Devisi Teknis dan Staff Teknis dan Hubmas mengikuti  Rapat Kerja  Penyusunan Laporan Teknis Penyelengaraan Pemilihan Serentak 2020 yang dilaksanakan di KPU Kota Semarang, kegiatan ini juga di hadiri oleh 20 Kabupaten/Kota  yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020  Se Jawa Tengah.

Rapat Kerja  dibuka oleh Yulianto Sudrajat, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah yang kala itu didampingi oleh Putnawati Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, Hery Abrianto serta Ahmad Zaini dari KPU Kota Semarang. Materi Rapat Kerja disampaikan oleh Putnawati, Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah menyampaikan terkait KPT 1443 Tahun 2019 Pedoman Teknis Penyusunan dan Penyampaian Laporan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubemur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Walikota.

Di hari kedua, Rapat Kerja fokus pada teknis penyusunan buku. Divisi Teknis berencana  membuat  laporan penyelenggaraan yang disusun dalam bentuk buku. Sebuah buku  laporan sebagai catatan sejarah bagaimana warna warni teknis pelaksanaan Pemilihan Serentak di masa pandemi COVID-19.