HARI PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA

Hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Wonogiri, hari Kamis Pahing tanggal 16 September 2010. Hari yang merupakan hari pemungutan dan perhitungan suara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Wonogiri tahun 2010. Pada pukul 07.00 WIB di 2026 TPS dalam 294 Desa/Kelurahan dan 25 kecematan secara serentak dimulainya rapat pemungutan suara. Pemantauan dilakukan langsung oleh Desk Pemilukada Provinsi Jawa Tengah, KPU Provinsi Jwa Tengah, Bawaslu, Desk Pemilu Kabupaten Wonogiri, Panwaslu Kabupaten. Dari segi keamanan Kapodal Jawa Tengah mengadakan pemantau langsung untuk mengetahui sejauh mana persiapan jajarannya untuk mengawal dan menjaga keamanan selama proses pemilu berlangsung. Disamping wartawan dari berbagai mas media juga ikut mengadakan pemantauan langsung sampai pada tingkat TPS untuk memperoleh informasi dan gambaran yang jelas tentang keadaan sesungguhnya di lapangan.
 
Seperti kata pepatah bahwa tidak ada gading yang tak retak, sebaik apapun persiapan yang telah dilakukan, masih banyak terdapat kekurangan disana-sini. KPU Kabupaten Wonogiri telah menyiapkan 3 titik posko untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi menyangkut kekurangan logistik terutama surat suara dan formulir penghitungan suara. Tiga titik yang dijadikan posko diharapkan bisa menjangkau semua wilayah di Kabupaten Wonogiri. Rapat pemungutan suara ditutup pada pukul 13.00 WIB, yang akan dilanjutkan dengan rapat penghitungan suara.
 
Pukul 13.00 WIB rapat penghitungan suara dimulai, seperti kesepakatan awal untuk kebutuhan penghitungan cepat (Quick Count) KPU Kabupaten akan melakukan kontak melalui telepon kepada PPK di setiap kecamatan untuk memperoleh hasil penghitungan suara di tingkat TPS. Untuk kepentingan tersebut PPK berkoordinasi dengan PPS di tingkat desa/kelurahan untuk mencatat langsung hasil-hasil penghitungan suara di tingkat TPS. Setelah rapat penghitungan suara sampai pada pengisian formulir C –PKWK beserta lampirannya, kotak suara dan bilik langsung dikembalikan ke PPK melalui PPS. Kewajiban PPK untuk meneruskan Formulir C1-PKWK dan Formulir C1-PKWK untuk kebutuhan input data hitung cepat di KPU Kabupaten untuk memberikan informasi hasil perolehan sementara perhitungan perolehan suara.
 
Karena letak geografis yang cukup sulit dan cuaca hujan, maka untuk sementara proses perhitungan cepat an input data ditutup pada jam 21.00 WIB. Dengan hasil sementara perhitungan perolehan suara, diharapkan sudah dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Pada saat ditutup keadaan sementara unggul adalah pasangan calon dengan nomor urut 4, yaitu pasangan H. Danar Rahmanto dan Yuly Handoko, SE.