Daftar Partai Politik yang Menyerahkan Syarat Dukungan Keanggotaan   
Rabu, 27 Desember 2017 - 17:20:12 WIB
PENYAMPAIAN DRAF USULAN PENATAAN DAERAH PEMILIHAN DAN ALOKASI KURSI PEMILU 2019
Diposting oleh : Administrator
Kategori: PEMILU 2019 - Dibaca: 423 kali

Wonogiri, 21 Desember 2017 : Sebagai tindak lanjut dari kegiatan konsultasi Penyusunan dan Penataan Daerah Pemilihan serta Alokasi Kursi Pemilu 2019, KPU Kabupaten Wonogiri sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kabupaten menyelenggarakan kegiatan Penyampaian Draf Usulan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 pada hari ini Kamis tanggal 21 Desember 2017, bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 2 Rumah Makan “Sari Rasa” Ngadirojo, Wonogiri.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pada proses penataan Dapil, publik dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan Dapil yang disusun oleh Kabupaten/Kota. Unsur yang dilibatkan antara lain : Pemerintah Daerah, Partai politik tingkat kabupaten/kota, Bawaslu kabupaten/kota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, serta Pemangku kepentingan lainnya. Selain itu dalam Penataan Daerah Pemilihan mengacu pada prinsip-prinsip : kesetaraan nilai suara, ketaatan  pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan.

Acara ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan hasil rumusan dan konsultasi KPU Kabupaten Wonogiri dengan berbagai pihak dan stakeholder yang didapat dari serangkaian Rapat Konsultasi beberapa waktu silam, yaitu dengan Dinas/Organisasi Perangkat Daerah, Panwas Kabupaten Wonogiri, Ormas/Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Wartawan Media Cetak dan Elektronik, serta Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 sebagai tokoh utama pelaku dalam Pemilu 2019, terutama dalam Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Sebagai pemateri adalah Bapak Bambang Tetuko, Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wonogiri Divisi Teknis. Beliau memaparkan draf usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 untuk wilayah Kabupaten Wonogiri hasil dari konsultasi kepada publik dan stakeholder tersebut di atas, di mana untuk Pemilu 2019 Jumlah Daerah Pemilihan di Kabupaten Wonogiri masih sama dengan ketika Pemilu Legislatif Tahun 2014, yaitu sejumlah 5 (lima) Daerah Pemilihan. Daerah Pemilihan 1 meliputi Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Eromoko, Manyaran dan Wuryantoro, Daerah Pemilihan 2 meliputi Kecamatan Ngadirojo, Sidoharjo, Nguntoronadi, Jatipurno dan Girimarto, Daerah Pemilihan 3 meliputi Kecamatan Kismantoro, Purwantoro, Slogohimo, Bulukerto dan Puhpelem, Daerah Pemilihan 4 meliputi Kecamatan Batuwarno, Karangtengah, Tirtomoyo, Jatiroto dan Jatisrono, dan untuk Daerah Pemilihan 5 meliputi Kecamatan Pracimantoro, Giritontro, Baturetno, Karangtengah dan Paranggupito.

Sedangkan untuk Alokasi Kursi DPRD Kabupaten pada Pemilu 2019 mengalami perubahan dari Pemilu Legislatif Tahun 2014 dalam hal jumlah, dari yang semula 45 kursi menjadi 50 kursi. Hal ini disebabkan karena Jumlah penduduk Kabupaten Wonogiri berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) (sebagai dasar penentuan jumlah Alokasi Kursi per Kabupaten/Kota, untuk Kabupaten/Kota yang mempunyai jumlah penduduk di atas 1 juta memperoleh alokasi kursi sebanyak 50 kursi) adalah 1.081.041 jiwa. Persebaran Alokasi Kursi untuk 5 (lima) Daerah Pemilihan pada Kabupaten Wonogiri adalah sebagai berikut :

  1. Untuk Daerah Pemilihan Wonogiri 1 jumlah Alokasi Kursi adalah sebesar 11 (sebelas) Kursi;
  2. Untuk Daerah Pemilihan Wonogiri 2 jumlah Alokasi Kursi adalah sebesar 10 (sepuluh) Kursi;
  3. Untuk Daerah Pemilihan Wonogiri 3 jumlah Alokasi Kursi adalah sebesar 9 (sembilan) Kursi;
  4. Untuk Daerah Pemilihan Wonogiri 4 jumlah Alokasi Kursi adalah sebesar 9 (sembilan) Kursi; dan
  5. Untuk Daerah Pemilihan Wonogiri 5 jumlah Alokasi Kursi adalah sebesar 9 (sembilan) Kursi. (AN)

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)