Hasil Hitung Cepat Pilkada Kabupaten Wonogiri      Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota KPU Kab.Wonogiri    Form Pendaftaran Calon Anggota KPU
Rabu, 13 Desember 2017 - 19:45:18 WIB
MENGHADAPI VERIFIKASI FAKTUAL, SELURUH PARTAI POLITIK DIMINTA UNTUK SIAP
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pileg 2019 - Dibaca: 2667 kali

KPU Kabupaten Wonogiri hari ini menyelenggarakan bimbingan teknis verifikasi faktual kepada Partai Politik calon peserta Pemilu tahun 2019. Bimbingan teknis bertempat di ruang meeting RM Sari Rasa dan dihadiri oleh seluruh anggota KPU Kabupaten Wonogiri, Panwaslu Kabupaten Wonogiri, serta perwakilan 14 Partai Politik, yaitu PKB, PERINDO, NASDEM, HANURA, PKS, GOLKAR, PAN, PPP, GARUDA, GERINDRA, PSI, PDI P, BERKARYA dan DEMOKRAT.

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Mat Nawir, S.Ag, MH. Setelahnya, materi disampaikan oleh anggota KPU Kabupaten Wonogiri, A. Joko Wuryanto, SH dan Suyono, S.Pd, Kim, perihal mekanisme dan tata cara dalam kegiatan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2017 sampai 4 Januari 2018, meliputi verifikasi faktual terhadap kepengurusan, kantor, dan sampling 10% dari keanggotaan.

 Dalam kegiatan tersebut, KPU Kabupaten Wonogiri selaku penyelenggara acara memberikan kesempatan kepada perwakilan Partai Politik untuk bertanya dan memberikan usulan mengenai persiapan verifikasi faktual. Beberapa hal yang dibahas dalam sesi tersebut adalah keikutsertaan anggota yang sudah dinyatakan TMS di sipol, lampiran keterangan terhadap sewa bangunan untuk kantor Partai Politik, verifikasi faktual Parpol tingkat Kecamatan, anggota serta pengurus Parpol yang sedang berada di luar kota / merantau.

 Suyono, S.Pd, Kim dan Bambang Tetuko, ST menjelaskan beberapa point penting dalam pelaksanaan faktual yaituhanya anggota Parpol yang memenuhi syarat (MS) yang akan di verifikasi faktual, harus melampirkan surat keterangan perjanjian sewa (Pinjam Pakai) dan ijin dari pemilik Rumah atau bangunan, kemudian faktual hanya dilakukan ditingkat kabupaten. Sedangkan untuk anggota dan pengurus Parpol yang sedang berada diluar kota merupakan konsekuensi yang tidak bisa diwakilkan. Verifikasi Faktual di Kabupaten Wonogiri hanya terhadap 4 (empat) Partai politik baru (PSI, GARUDA, BERKARYA dan PERINDO). Akan tetapi, KPU Kabupaten Wonogiri menyarankan Partai Politik lain untuk tetap memenuhi syarat kelengkapan faktual, mengingat masih ada judicial review terhadap UU Nomor 7 Tahun 2017 yang belum mendapatkan putusan Mahkamah Konstitusi. (YPB)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)