Seleksi Calon Anggota KPPS     Pengumuman Penetapan Usulan DAPIL    Daftar Partai Politik yang Menyerahkan Syarat Dukungan Keanggotaan   
Selasa, 12 Desember 2017 - 10:01:06 WIB
RAPAT KONSULTASI KPU KABUPATEN WONOGIRI DALAM RANGKA PENATAAN DAERAH PEMILIHAN DAN ALOKASI KURSI PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pilgub 2018 - Dibaca: 3048 kali

Wonogiri, 8 Desember 2017 : Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, maka Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 akan dilaksanakan dengan desain yang baru, yaitu dilaksanakan secara serentak, baik Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Pesta akbar demokrasi tersebut harus dipersiapkan dengan baik dan penuh perhatian dari semua pihak agar dapat terlaksana secara efektif dan efisien berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu penyelenggara Pemilu mempunyai tanggung jawab yang penuh terhadap persiapan dan pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan. Terhadap pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2019, salah satu hal yang penting dilakukan oleh KPU sesuai amanat dari UU Nomor 7 Tahun 2017 sebagaimana tercantum dalam Pasal 195, bahwa KPU menyusun dan menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi adalah salah satu tahapan awal dalam pelaksanaan pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota. Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi ditentukan berdasarkan komposisi wilayah administrasi pemerintahan dan jumlah penduduk. Penataan Daerah Pemilihan mengacu pada Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK 2) yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri kepada KPU. Ada 7 (tujuh) prinsip dalam penyusunan Daerah Pemilihan, yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan.

Dalam proses penataan Daerah Pemilihan, publik dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan Dapil yang disusun oleh KPU Kabupaten/Kota. Unsur yang dilibatkan antara lain adalah Pemerintah Daerah, Partai Politik tingkat kabupaten/kota, Bawaslu kabupaten/kota, serta pemangku kepentingan lainnya (stakeholders).

KPU Kabupaten Wonogiri sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kabupaten melaksanakan penyusunan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten Wonogiri telah mengadakan beberapa kegiatan Rapat Koordinasi dan Rapat Konsultasi yang melibatkan berbagai pihak (publik).

       1. Rapat Koordinasi Data Wilayah dan Data Kependudukan (Rabu, 29 November 2017, Ruang Rapat Pleno KPU Kabupaten Wonogiri).

Rapat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan data baik data wilayah maupun data kependudukan dalam jangka waktu satu tahun terakhir di Kabupaten Wonogiri secara wilayah maupun administrasi sebagai bahan acuan dalam penyusunan dan penataan Daerah Pemilihan. Dalam rapat ini yang diundang adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Wonogiri dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri.

       2. Rapat Konsultasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi serta Penyusunan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) I (Kamis, 30 November 2017, RM Masakan Jawa “Saraswati” Brumbung, Selogiri)

Rapat Konsultasi ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) tujuan yaitu tersosialisasikannya mekanisme penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019, tersusunnya Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, dan tersusunnya draf usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi Pemilu 2019.

Acara ini mengundang Panwas Kabupaten Wonogiri, Kepala Dinas/OPD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua LSM/Ormas, dan Wartawan baik media cetak maupun elektronik.

       3. Rapat Konsultasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi serta Penyusunan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) II (Kamis, 7 Desember 2017, RM “Sari Rasa” Ngadirojo)

Sebagaimana halnya dengan Rapat Konsultasi yang pertama, dalam rangka menjaring pendapat/masukan dari publik, yang diundang pada Rapat Konsultasi II ini adalah Ketua beserta pengurus Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019 yang terdiri dari 15 Partai Politik, yaitu PDI P, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, PKB, PKS, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Perindo, PSI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya, serta Panwas Kabupaten Wonogiri. Dalam Rapat Konsultasi diharapkan KPU mendapatkan masukan dan pendapat tentang usulan penataan dan bentuk Daerah Pemilihan serta Alokasi Kursi dari Partai Politik sebagai Peserta Pemilihan Umum 2019 yang akan menerima dampak secara langsung.

Dari beberapa kegiatan rapat yang telah dilaksanakan telah didapatkan beberapa rekomendasi, masukan dan pendapat yang cukup bermanfaat dan sesuai dengan yang diharapkan sebagai dasar dalam penyusunan dan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi untuk Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Wonogiri. Diharapkan usulan susunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi yang akan diujipublikkan, yang di mana pelaksanaannya direncanakan pada Minggu ke-4 atau ke-5 bulan Desember 2017 dapat memuaskan dan mengakomodir aspirasi berbagai pihak. (AN)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)