Perubahan Jadwal Tahapan Seleksi PPK dan PPS    Daftar Partai Politik yang Menyerahkan Syarat Dukungan Keanggotaan   
Jumat, 15 September 2017 - 15:28:20 WIB
TANAMKAN DEMOKRASI SEJAK DINI, SMP NEGERI 1 WONOGIRI GELAR PEMILOS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 202 kali

Mengenalkan demokrasi tak harus menunggu anak mencapai usia 17 tahun dan mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum (pemilu). Pengenalan bisa dilakukan sejak dini dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti. Tak tau maka tak paham, begitu kira-kira mengsitilahkan Introduction of democracy terhadap Remaja tanggung usia dibawah 17 tahun. Seperti yang dilakukan oleh siswa siswi SMP Negeri 1 Wonogiri ini, pada tanggal 14 September 2017 menggelar Pemilihan Ketua OSIS dengan cara pemungutan suara.

Pelaksanaan Pemilihan tersebut secara administratif maupun teknis pelaksanaanya menyerupai penyelenggaraan pemungutan suara sesungguhnya. Membangun TPS, mencetak surat suara, menggunakan 3 (tiga) bilik dan 3 (tiga) kotak suara serta dilengkapi daftar calon. Layaknya Pemilu sungguhan, mereka pun langsung mengambil surat suara, lalu memasuki bilik suara guna mencoblos calon ketua OSIS baru. Setelah itu, mereka kemudian memasukkannya ke dalam kotak suara yang sudah disediakan oleh sejumlah siswa/ siswi yang bertugas sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Suyono, divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Wonogiri yang ikut “mengawal” pelaksanaan pemungutan suara tersebut memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya Pemilihan Ketua OSIS tersebut. “Dari sisi penyelenggaraan telah berjalan dengan baik, dari jumlah pemilih 936 yang menggunakan hak pilih, terdapat 11 (sebelas) surat suara yang dinyatakan invalid/ tidak sah, sedangkan 925 suara sah”, ujarnya.

Seusai penghitungan suara, calon atas nama Rani Nirmala Prakosa akhirnya dinyatakan sebagai calon terpilih Ketua OSIS dengan perolehan suara 378, Rani mengungguli tiga rekannya yaitu Alda dengan raihan suara 285, Hari Kristian dengan raihan suara 177 dan Nabila memperoleh 85 suara. (SHD/Fotografer HES)




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)